Rabu, 14 Januari 2015

Tugas Softskill

Nama : Satria Dewantara
Kelas : 3EA17
NPM  : 16212869
1. Roda analisis Perilaku Konsumen ada 3, sebutkan dan jelaskan!  
a. Elemen Efeksi dan Kognisi
Jawab : Elemen efeksi dan kognisi  merupakan dua tipe tanggapan internal psikologis pada diri konsumen terhadap rangsangan lingkungan dan kejadian yang berlangsung. Efeksi melibatkan perasaan, sedangkan kognisi melibatkan pikiran. Tanggapan efeksi beragam, misalnya penilaian positif- negatif, rasa senang-tidak senang.  Keragaman tanggapan dapat melibatkan emosi (cinta, marah), melibatkan tingkat perasaan (kepuasan, frustasi), dan tergantung pada suasana hati (kebosanan) serta melibatkan evaluasi (suka-tidak suka).
Kognisi merupakan proses mental dan psikologis serta struktur pengetahuan yang dilibatkan dalam tanggapan seseorang terhadap lingkung-annya.  Hal tersebut termasuk pengetahuan yang didapat dari pengalaman dan pengetahuan yang telah tertanam dalam memori.  Proses psikologi yang termasuk dalam aspek kognisi diantaranya perhatian dan pemahaman terhadap aspek lingkungan, mengingat kejadian masa lalu, pembentukan evaluasi, dan pembuatan keputusan pembelian.  Aspek kognisi bias terjadi melalui proses berpikir sadar ataupun dapat terjadi secara tidak sadar dan otomatis.
 
b. Lingkungan 
Jawab : Elemen lingkungan (environment) adalah menujuk pada rangsangan fisik dan social yang komplek di luar diri (eksternal) konsumen.  Diantaranya adalah benda-benda, tempat dan orang lain yang dapat mempengaruhi efeksi, kognisi serta perilaku konsumen.

c. Perilaku 
Jawab : Dalam Peter dan Olson (1999) yang dimaksudkan dengan perilaku (behavior) adalah tindakan nyata konsumen yang dapat diobservasi secara langsung.

2.  Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian secara online (pilih salah satu online shop) !
Jawab : Keputusan membeli secara inline dipengaruhi oleh (Deavaj et al. 2003)
a. Efisiensi untuk pencarian (waktu cepat, mudah dalam penggunaan, dan usaha pencarian mudah)
b.    Value (harga bersaing dan kualitas baik), dan 
c.    Interaksi (informasi, keamanan, load time, dan navigasi).

Tokepedia merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang memungkinan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Jual beli online menjadi lebih menyenangkan. Di Tokopedia selain kita menjadi konsumen kita juga bisa menjadi Resseller. Ini alasan beberapa konsumen menggunakan jasa Tokopedia. diantaranya yaitu :

a.   Buka toko online praktis dan gratis
Buka toko online di Tokopedia tidak dipungut biaya, dan pengelolaanya juga sangat mudah. Anda otomatis mendapatkan sub-domain dan tools ecommerce lengkap mulai dari management toko, produk, hingga transaksi.

b. Asisten Pribadi Gratis !
Buat anda yang membuka toko online di Tokopedia, anda juga akan mendapatkan fitur Asisten Pribadi,gratis ! Semua order yang anda terima lewat website Tokopediasudah melalui vertifikasi pembayaran dari kami.

c. Perluas pasar dan tingkatan penjualan Anda
Akan lebih banyak matayang melihat ke estalase Anda, sehingga potensi terjadi transaksi dari pasar-pasar baru yang selama ini belum anda jangkau akan semakin besar.

d, Transaksi yang lebih aman
Seluruh transaksi jual-beli yang dilakukan tokopedia adalah melalui nomor rekening Tokopediasebagai escrow-account. Tokopedia juga selalu rutin melakukan moderasi untuk pengalaman transaksi yang lebih aman.

e. Tracking Order
Tokopedia Terintegrasi dengan agen pengiriman besar di Indonesia yang mempermudah anda untuk memantau status pengiriman barang anda.

f. Komunitas Jejaring Sosial
Tokopedia juga didukung dengan fitur ala komunitas jejaring sosial lewat Talk About It dimana kamu bisa ngobrol asik tentang produk. Karena di Tokopedia, Belanja Online aman dan nyaman 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar