BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sekarang
ini siapa yang tak suka makan es krim, dari mulai anak-anak sekolah, para
remaja sampai orang dewasa semua menyukai menu dingin ini sebagai salah satu
penyegar di saat cuaca panas atau sebagai penghilang rasa lelah setelah
seharian penuh beraktivitas. Hal inilah yang membuat para pecinta es krim
selalu ingin menikmati sajian kuliner ini di siang hari, sore, bahkan pada
malam hari. Karena sensasi nikmat yang diperoleh ketika makan es krim
menghadirkan rasa nyaman dan rileks bagi para konsumennya.
Perkembangan
industri es krim yang setiap harinya menunjukan pertumbuhan cukup positif
menjadi salah satu bukti nyata bahwa berbagai variasi produk es krim masih
sangat diminati pasar. Saat ini tidak hanya anak-anak saja yang menyukai es
krim, adanya kreatifitas dan inovasi dari para produsen berhasil memikat hati
konsumen dari berbagai kalangan. Tak heran bila pertumbuhan pasar tersebut
dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis bagi sebagian besar masyarakat,
karena tingginya minat pasar menjanjikan untung besar bagi para pelakunya.
Melihat
adanya prospek bisnis es krim yang masih sangat bagus, ternyata tidak hanya
mendorong banyak orang untuk terjun memasarkan produk tersebut. Banyak pula
pelaku usaha yang belakangan ini tertarik mengembangkan produk es krim dengan
sistem franchise. Mengingat minat pasar masih sangat besar dan peluangnya pun
masih terbuka lebar. Kondisi inilah yang membuat bisnis es krim kini mulai
bermunculan di berbagai daerah, baik berupa gerobak keliling atau berupa cafe
eksklusif yang memiliki tampilan sangat menarik.
Dengan
alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha Es Cream, dan
usaha kami tersebut kami beri nama, yaitu: “ES CREAM JOMBLO” Dengan harapan
pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli es cream kami dengan perasaan
cinta kasih akan kenikmatan rasa ES CREAM JOMBLO.
1.2
Visi dan Misi
1.2.1
Visi
Menjadi Toko Es Cream pilihan utama para pelanggan
1.2.2
Misi
·
Menjaga kualitas Es Cream dengan bahan – bahan
yang bermutu
·
Berinovasi dengan menciptakan varian rasa – rasa
yang di sukai konsumen
·
Menawarkan Harga Es Cream yang terjangkau agar
semua lapisan masyarakat
Menjadi Toko Es Cream pilihan utama para pelanggan
1.3
Tujuan dan Manfaat
1.3.1
Tujuan
·
Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas mata
kuliah
·
Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki
ekonomi masyarakat
·
Menjadika mahasiswa lebih kreatif dan inovatif
tentang berwirausaha
·
Melatih
mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik
·
Berguna untuk melakukan kerja sama dengan pelaku
usaha lain
·
Dapat membuka lapangan kerja baru
1.3.2
Manfaat
Proposal ini dibuat
agar bermanfaat seperti untuk belajar mandiri untuk mengisi waktu luang
saat kuliah, dapat juga bermanfaat untuk :
· Membantu
wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi dan hasil yang
diharapkan dari sudut pandang pihak lain
(Investor)
· Membantu
wirausaha untuk berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan
dijalankan
· Sebagai
alat komunikasi dalam memaparkan dan meyakinkan gagasan kepada pihak lain
· Membantu
meningkatkan keberhasilan para wirausaha
1.4
Profil Badan Usaha
1.4.1
Nama dan Jenis dan Alamat Usaha
Nama :
ES CREAM JOMBLO
JENIS : Es Cream
Alamat : Jl. Mawar Melati 7, Cibitung. Bekasi
No. Telp : (021) 88368419
1.4.2
Nama dan Alamat Pemilik Usaha
Nama : Satria Dewantara
Alamat : Bekasi Regensi 1 blok C /15 RT/RW 003/006
No. Telp : 081311272500
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1 TARGET
PASAR
Target
pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang
membuat pasar itu berdiri sendiri. Adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri
yang sama belumlah berarti mereka membentuk pasar sasaran. Hanya bila mereka
mempunyai ciri-ciri yang sama sebagai pembeli, maka barulah berarti mereka
membentuk suatu pasar sasaran (Situmorang, 2008).
2.1.1
SIGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar sangat berpengaruh
terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di
pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan
dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan
dapat mengurangi penghasilan perusahaan,dan mengakibatkan banyak dampak
negative bagi perkembangan perusahaan tersebut.
Maka dari itu kami memilih lokasi
yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari daerah ekonomi
menengah seperti perumahan .Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami
utamakan yaitu permintaan terhadap produk buatan perusahaan kami,kondisi
persaingan dalam pemasaran,reaksi para pesaing dan biaya promosi atau
iklan.Selain hal tersebut di atas,dalam menentukan biaya dan laba yang
diharapkan, usaha kami mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap
waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.
2.1.2
TARGET PEMASARAN
Produk yang kami buat ini diperuntukan untuk semua
kalangan, dari anak kecil sampai orang tua. Dan diberbagai kalangan bawah
maupun kalangan atas, dengan harga kaki lima tetapi kualitas dan rasa bintang lima.
2.2 ANALISIS
SWOT
2.2.1
STRENGTH (KEKUATAN)
·
Harga terjangkau
·
Pelayang yang diberikan dengan baik dan ramah
·
Banyak varian rasa yang unik dan tampilan yang
menarik
·
Menghasilkan es krim yang berkualitas
2.2.2
WEAKNES (KELEMAHAN)
·
Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala
nasional
·
Tidak menentunya perekonomian Indonesia
·
Kurangnya karyawan professional
2.2.3
OPORTUNITY (PELUANG)
·
Belum banyak pesaing didaerah tempat saya
berwirausaha
·
Banyak orang – orang yang melintas karena tempat
yang strategis
2.2.4
THREATY (ANCAMAN)
·
Munculnya banyak pesaing – pesaing baru yang
menawarkan harga lebih murah dan varian es cream yang lebih menarik.
2.3 PROMOSI
PEMASARAN
Banyak
cara para pelaku usahanya melakukan promosi dan saya menggunakan 8 cara macam
promosi sebagai berikut :
1.
Mulut ke mulut atau testimonial
Promosi ini merupakan promosi yang
paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini.
Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk
mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah
diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang
lain untuk membeli roti bakar di tempat kita.
2.
Promosi melalui jejaring social
Selain promosi dari mulut ke mulut,
maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti
dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat
telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha
kita,
3.
Loyalty programs
Pada intinya anda memberikan
point-point pada setiap pembeli. Jika pembeli sudah mencapai suatu point
tertentu, anda bisa memberikan voucher atau diskon khusus kepada pembeli anda.
4.
Up-selling
Up-selling adalah suatu cara
mempromosikan suatu produk saat pembeli sedang berinteraksi dengan penjual.
Misalnya dengan memberitahukan manfaat dari produk tertentu atau menu baru
dengan diskon tertentu. Tapi perlu kehati-hatian saat melakukan up-selling,
jangan sampai pembeli merasa dipaksa untuk membeli suatu produk.
5.
Mengadakan suatu acara
Acara seperti lomba memasak, kursus memasak secara
gratis, acara ulang tahun atau acara anak lainnya. Acara seperti ini bisa
menarik pelanggan untuk datang ke rumah makan anda. Saat acara berlangsung
jangan lupa memberikan contoh-contoh makanan atau promosi-promosi kepada
pelanggan anda.
6.
Stiker promosi di tempat-tempat menunggu
Stiker kecil tentang restoran kita bisa
dibuat dan ditempelkan di tempat-tempat umum, terutama tempat-tempat dimana
banyak orang menunggu dan antri seperti toilet, halte dan angkutan kota. Atau
anda juga bisa memberikan stiker mobil gratis di tempat parkir yang bertuliskan
nama dan foto makanan yang disediakan di restoran anda.
BAB III
PRODUK
3.1
Cara Pembuatan Es Cream Jomblo
Persiapkan
Peralatan dan bahan yang akan digunakan :
·
Premix Es Krim
·
Panci stainless/Almunium ukuran 4-5ltr
·
Hand Mixer boleh merk apapun
·
Air Mineral/isi ulang 800ml kondisi sangat dingin, boleh diberi
batu es ukuran kecil
·
Sendok/scoop es krim untuk mengisi hasil mixer
ke cup
·
6. Cup +
tutup, box 500ml-8000ml atau cone kita dapat memilih untuk hasil akhir produk
es krim dalam kemasan sesuai keinginan
dan target pasar kita
Memulai
Produksi
·
Isi wadah dengan air dingin
·
Masukan premix es krim kedalam wadah
·
Mixer Premix tsb dengan kecepatan rendah agar
tercampur dengan rata kira-kira satu menit dan lanjutkan dengan menaikkan
kecepatan mixer hingga maximum
·
Saat proses mixer, gerakan tangan kita juga
berputar aktif kekanan kiri naik turun agar adonan berkembang sempurnaGambar
·
Adonan akan berkembang dalam waktu 5-7 menit
tergantung kecepatan mixer, berhenti mixer dapat disesuaikan waktunya, jika
sudah tidak berkembang lagi kita dapat menghentikan mixer (tidak disarankan
untuk terus mixer lebih dari 7 menit karena adonan dapat menciut kembali)
·
Selesai dimixer maka kita pindahkan hasilnya
kedalam cup/box dgn sendok/scoop
·
Setelah pengemasan ke cup/box, masukan kedalam
freezer selama 3-4 jam tergantung suhu freezerGambar
·
Setelah membeku maka es krim yg lezat dan lembut
dpt dikonsumsi/dijual ke pasar
·
Untuk produk dgn cone dapat dilakukan setelah
beku lalu dimasukkan kedalam cone
BAB IV
ANALISIS BISNIS
4.1
ANALISA BISNIS
1 Pack bahan formula Rp 80.000 jadi 10-12 liter Es
krim.
1 Liter eskrim jadi 23 cup/cone/stick.
1 Pack jadi 10 ltr x 23 cup = 230 cup.
Jadi HPP 1 Cup = Rp 80.000 / 230 cup = Rp 345,- / cup.
Ingat Freezer kapasitas 100 liter muat 500 Cup. jadi
buat 2 pack biar OPTIMAL
Harga jual percup = Rp.2.000 tergantung daya beli.
4.2
Penjualan
Omzet 1 freezer per hari (cup/cone/stick) 500
Harga Jual lokasi (Rp) 1.000
Penjualan per hari
500.000
4.3
Biaya Usaha
Biaya Produksi (Rp 345/cup) *) 172.500
Cup/cone/stick & penutup (Rp 150) 75.000
SDM Produksi & Marketing (Rp 100/cup) 50.000
Bagi hasil toko 20% omzet (Rp 200) 100.000
Biaya listrik-air-gas dll (Rp 50/cup) 25.000
Jumlah Biaya Usaha / hari (Rp 595/cup) 297.500
4.4
Margin/Keuntungan:
Laba Usaha per hari (Rp 703/cup) 351.500
Laba Usaha Sebulan (26 hari kerja) 9.139.000
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Demikian pembuatan proposal ini
bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam
dunia usaha.Dari pendirian usaha ini,saya menyimpulkan bahwa berdirinya
perusahaan ini karena kebutuhan masyarakat
dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini.Selain
itu saya mendirikan usaha Es Cream ini juga mempunyai tujuan untuk membantu
pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini.
Saya menyadari bahwa tiada yang
sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa.Dalam pembuatan proposal ini
tentunya masih banyak kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun guna lebih baiknya penyusunan proposal yang
selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal ini
saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta
berpartisipasi dalam penyusunan proposal dan pendirian Usaha “Es Cream Jomblo”.Dan
terima kasih juga atas terkabulnya proposal ini,serta saya berharap agar
pelaksanaan perusahaan yang saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan
lancar seperti harapan saya.
5.2
Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan
lancar,maka saya mempunyai beberapa saran,antara lain:
·
Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan
·
Pandai berkomunikasi
·
Mempunyai etos kerja yang tinggi
·
Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang
lain
·
Tidak mudah putus asa
·
Mampu menghasilkan produk yang berkualitas
·
Mengutamakan kepuasan pelanggan
·
Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif
Thanks ya, sangat membantu. Kunjungi juga ya makalah instrumen keuangan
BalasHapus